Yuk, Biasakan Bangun Pagi

Seorang kakak di pagi hari membangunkan adeknya, dengan penuh kelembutan layaknya seorang ibu pada anaknya,”Dek, Bangun. Subuh. Subuh.” Sambil menepuk-nepuk halus pundak sang adik. 
Bangun pagi, yah pasti banyak di antara kita yang kesusahan bangun pagi. Apa pembaca termasuk juga? Semoga tidak. Bangun pagi bagi sebagian di antara kita adalah tantangan antara hidup dan mati, begitu bukan? Memilih untuk hidup dengan memulai beraktivitas atau memilih hidup tapi mati, eh mati tapi sebenarnya hidup, seperti itulah kira-kira.

Bagi sebagian orang juga bangun pagi merupakan momok menakutkan, padahal pagi adalah titik awal bagi tersemainya semangat beraktivitas. Apalagi kita sebagai umat Rasulullah SAW. Sangat dianjurkan untuk bangun pagi, bahwa sudah menjadi kewajiban kita untuk bangun salat subuh sebagaimana dalam Al-Quran ayat 78-79 Surah Al-Isra, Allah SWT berfirman:
اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْـفَجْرِ ۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْـفَجْرِ كَا نَ مَشْهُوْدًا

aqimish-sholaata liduluukisy-syamsi ilaa ghosaqil-laili wa qur`aanal-fajr, inna qur`aanal-fajri kaana masy-huudaa
“Laksanakanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula salat) subuh. Sungguh, salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”

Nah, selain salat subuh kita juga diperintahkan untuk salat malam, Allah SWT. berfirman

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَا فِلَةً لَّكَ ۖ عَسٰۤى اَنْ يَّبْعَـثَكَ رَبُّكَ مَقَا مًا مَّحْمُوْدًا

wa minal-laili fa tahajjad bihii naafilatal laka ‘asaaa ay yab’asaka robbuka maqoomam mahmuudaa
“Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”(QS. Al-Isra’ 17: Ayat 79)

Nah, sahabat udah tahukan betapa Rasulullah SAW. menganjurkan kita untuk bangun pagi, jadi ayo biasakan bangun pagi, mulai dari diri sendiri, lawan rasa malas itu, jangan biarkan setan mengendalikanmu. tak lupa bangunkan juga orang sekitarmu, keluarga serumahmu, teman sekamarmu. Bangunkan dengan lembut, jangan kasar-kasar, jangan keras-keras, kan enak. Kalau masih susah, bangunkan pelan-pelan, tetap tegas tapi jangan keluarkan kata-kata kasar apalagi keras. Ingat! menjadi tegas bisa kok tanpa marah-marah. Ingat juga! selalu doakan mereka, karena yang membangunkan dan memberi kita nikmat itu hanya Allah SWT. 

[TheChamp-FB-Comments style="background-color:#fff;"]