Prank Kemenang Ajarkan Kesabaran

Mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di PTKIN saat ini kesabarannya tengah diuji karena ulah menggemaskan kemenag yang kurang humanis. 

Hidup ini memang tentang keihklasan dan kesabaran. Keikhlasan yang dimaksud adalah ikhlas, tabah dan qanaah dalam menghadapi kemenag serta menerima seluruh ketetapan yang diberikan. Rencana pemangkasan uang kuliah tunggal (UKT) sebesar 10 persen urung diberlakukan. Pembatalan itu menyusul dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI yang isinya mencabut SE yang dikeluarkan sebelumnya karena adanya potongan APBN untuk Kemenag sebesar Rp 2,2 triliun.

Mungkin sebagai mahasiwa, kita memang harus tetap tabah. Kemenag pastinya paham bahwa ini merupakan salah satu cara agar mahasiswa bisa menjadikan ini sebagai ladang uji kesabaran tingkat tinggi. Tentu kemenag tidak sedang memberikan harapan palsu, melainkan agar anggaran ini bisa lebih optimal dan membawa manfaat bagi masyarakat yang terdampak covid-19.

Sebagai mahasiswa sekaligus rakyat jelata, sudah seharusnya kita menurut dengan ketetapan yang berlaku. Mari berhusnudzon.