Menyimak Perilaku Pop Culture

Melalui mata kuliah, sistem kebudayaan nasional yang didampingi oleh dosen pengampuh Prof. Dr. H. Karta Jayadi, M.Sn pada salah satu rumah makan di kota Makassar, saya mengamati fenomena kebudayaan dan cara berperilaku manusia dalam merespon lingkungannya.

Menurut saya, secara spesifik fenomena ini dapat disebut sebagai pop culture. Mengacu pada pengertiannya, pop culture merupakan sebuah budaya yang sedang tren atau mainstream di kalangan masyarakat. Dan tampaknya, negeri ini sedang merayakan budaya populer tersebut.

Pop Culture kebanyakan terjadi pada kalangan ibu-ibu dengan berbagai kepentingan dan tujuan yang sama, sehingga pada akhirnya terbentuk kelompok-kelompok dengan kepentingan yang sama. Dalam kelompok tersebut biasanya terjadi intraksi yang sifatnya kontak sosial dan komunikasi.

Jenis kelompok yang mengacu pada kegiatan berkumpul biasanya jenis kelompok yang sifatnya sementara (casual). Kelompok tersebut biasanya timbul karena adanya sebuah kegiatan tertentu yang menarik. Dan juga rumah makan yang kami tempati memiliki daya ketertarikan yang menarik yang menyebabkan pengunjung menjadi tertarik untuk datang dan menyebabkan tempat makan tersebut serta cita rasa yang enak dan karena dekorasinya, namun unsur estetika dalam menu yang disajikan juga menarik sehingga cafe dan resto tersebut dapat berkembang.