Pilihan Redaksi Edisi Ketiga Desember

Hujan selalu mendapat tempat tertentu di kalangan pujangga. Ada banyak inspirasi menyertainya. Mungkin ini yang disebut “hujan itu berkah”. Kehadirannya kadang ditunggu-tunggu. Seperti edisi favorit kolongkata.com. yang kehadirannya dinantikan, pun ada keterlambatan, selalu ada spekulasi yang menyertainya.

Edisi kali ini, redaksi menjatuhkan pilihan terfavorit pada naskah berjudul Paseng karya Deehope. Naskah ini mengisahkan wacana kearifan lokal yang begitu sarat makna tersirat. Tokoh yang digambarkan sebagai perempuan tomboi kemudian pada akhirnya terjatuh pada kasus hubungan tidak sah. Penulis berhasil membangun premis baru sekaligus meruntuhkan persepsi lama bahwa bukan hanya perempuan “manja” atau lebih feminim yang akan jatuh pada kasus hubungan tidak sah lalu berujung siri’ dalam pandangan Bugis-Makassar, melainkan semua wanita berpotensi jatuh ke hal yang sama.

Naskah Bambang, Bulan dan Bambu karya Ayatullah Patullah menjadi favorit kedua versi refaksi. Naskah ini mengangkat persoalan toleransi Tuhan pada hamba-Nya. Diskursus hidup dan kematian yang digambarkan oleh penulis yang menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia kampus FBS UNM ini, menjadi menarik dengan argumentasi bahwa “pilihan” dan tanggung jawab terhadapnya adalah perbedaan manusia dan hewan. Seolah ia berpesan bahwa manusia “memilih” takdirnya sendiri, bukan ditakdirkan.

Kemudian favorit ketiga, ada naskah Awam yang Profesional karya Panji Dg Nakku. Naskah ini mangajak kita untuk saling menghargai kelebihan dan kekurangan masing-masing individu melalui kisah lama dari Jalaluddin Rumi yang sudah muncul dalam berbagai versi. Panji berpesan dalam tulisannya agar selain profesional terhadap kelebihan yang kita miliki, kita juga harus “profesional” terhadap kekurangan kita yang awam di bidang lain.

Favorit keempat dan kelima masing-masing adalah Di Perantauanku karya Musdalifah dan Menatap Rindu karya Nurul Luthfiah. Kedua naskah ini merupakan ekspresi curahan hati yang merindu, namun dari sudut pandang yang berbeda.

Demikian lima tulisan favorit readaksi edisi kali ini. Nantikan 15 karya yang terpilih bersama edisi yang lain di bulan Desember ini dalam bentuk ebook di koleksi.kolong.team. Dan untuk naskah favorit pilihan redaksi yang akan mendapatkan honor kepenulisan jatuh pada naskah Paseng karya Deehope (https://kolongkata.com/2019/12/19/paseng/). Kepada penulis diharapkan segera mengirim nomor rekening tujuan melalui nomor 085231268898.

Demikian untuk minggu ini. Selamat bermitra bersama kolong.team. Jangan lupa upload naskah buku dan nikmati koleksi karya di koleksi.kolong.team.

Tim Redaksi