Pilihan Redaksi Edisi Pertama Desember

Hal paling menyakitkan pada saat dibohongi adalah kita tidak layak menerima kebenaran. Jean Paul Sartre berkata demikian. Kebenaran dan kebohongan selalu menjadi komoditas yang ramai diperbincangkan, termasuk karya fiksi. Pun demikian, sebuah karya patut diberi apresiasi. Kolongkata.com mencoba konsisten tiap pekan memberikan apresiasi untuk setiap karya pilihan.

Naskah pilihan favorit pertama untuk edisi kali ini jatuh pada naskah berjudul Ketika Puisi Menangis karya Nur Mustaina. Penulis dari Bogor ini konsisten dengan karya puisi yang metaforis. Puisi Ketika Puisi Menangis menunjukkan bahwa penulis tidak membatasi kehidupan hanya sebatas kenikmatan. Juga cinta, tidak sebatas keindahan. Dengan mempersonifikasi puisi sebagai lawan bicara dan melakukan dialog, Nur menggambarkan “kata” sebagai sesuatu yang bisa melukai dan bisa membuat nyaman.

Selanjutnya redaksi memilih naskah yang ditulis Deehope yang berjudul Kepada July (Esensi Cantik). Naskah ini mengangkat persoalan gender. Penulis menggambarkan beberapa karakter perlawanan perempuan dalam narasinya. Selain karakter, sepertinya penulis juga menyisipkan pesan yang mewakili latar budaya pada pemilihan nama tokoh yang digambarkannya.

Kemudian naskah favorit ketiga masih berbicara soal gender yaitu naskah berjudul Perempuan yang Tetiba Lupa karya Suar. Keseluruhan kisah berada di sudut pandang perempuan. Pekerjaan, hak, kebutuhan, dan perlakuan yang mayoritas melekat pada lelaki, penulis berikan pada tokoh perempuan. Argumen dalam kutipan “Aku tidak akan serendah itu mau melayani seorang laki-laki yang hanya mengutamakan kepuasannya sendiri” menegaskan gagasan yang sering dimarjinalkan.

Favorit selanjutnya ada naskah Ibu karya Asmawati Kay dan terakhir Untuk Zahirah Zahwah karya Lilis Puji Astuti. Keduanya mencoba menuangkan rasa secara emosional dalam bentuk puisi atas perasaan pribadi terhadap orang tua dan anak.

Demikian lima tulisan favorit redaksi edisi kali ini. Nantikan 15 karya yang terpilih bersama edisi yang lain di bulan Desember ini dalam bentuk ebook di koleksi.kolong.team. Dan untuk naskah favorit pilihan redaksi yang akan mendapatkan honor kepenulisan jatuh pada naskah Ketika Puisi Menangis karya Nur Mustaina. Kepada penulis diharapkan segera mengirim nomor rekening tujuan melalui nomor 085231268898.

Demikian untuk minggu ini. Selamat bermitra bersama kolong.team. Jangan lupa upload naskah buku dan nikmati koleksi karya di koleksi.kolong.team.

Tim Redaksi