Pilihan Redaksi Edisi Ketiga November

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. Pramoedya Ananta Toer telah membuktikan kata-katanya sendiri. Beliau dikenal hingga saat ini karena tulisannya. Kolongkata.com berusaha membersamai dan memberikan ruang apresiasi dalam ‘bekerja untuk keabadian’ penulis-penulis muda yang menjadi kontributor kolongkata.com. Tidak terkecuali apresiasi terhadap naskah-naskah favorit yang dipilih tiap pekan.

Edisi kali ini redaksi menjatuhkan pilihan favorit pertama pada naskah Aku Tak Mengenalmu karya Wilya Pratiwi. Naskah ini mencoba mendokumentasikan ‘kenangan’ tentang insiden penikaman mahasiswa UMI Makassar yang berujung kematian. Wilya Pratiwi berani menunjukkan penegasan dari pesan judul dengan pengulangan kata-kata Tak Mengenalmu sebanyak tiga kali di luar judul, namun tetap mampu memberikan ruang apresiasi terhadap tokoh yang menjadi objeknya.

Selanjutnya redaksi memilih naskah Menemui Kematian. Karya Suar ini memberikan wacana tersendiri pada konsep kematian yang menjadi momok bagi kebanyakan orang. Naskah ini seolah mengajak kita berpikir ringan dan sederhana dalam menyikapi narasi-narasi besar dan kompleks seperti kematian.

Pilihan favorit ketiga, redaksi memilih tulisan Lilis Puji Astuti dengan judul Kejamnya Dunia. Sebuah puisi lirik yang singkat namun menggelitik. Kritik dilayangkan Lilis terhadap metafora kekejaman dunia di balik kamuflase manusia yang mengkambinghitamkan ‘dunia’ yang diam tak bersuara.

Kemudian terakhir ada dua naskah yang masing-masing memberikan pandangan wacana kritis terhadap isu-isu yang sedang berkembang. Keduanya adalah Askar Nur dengan judul naskah Yang Luput dari Opini Publik dan Ernawati Rasyid dengan judul naskah Hoax, Kritik, dan Literasi.

Demikian lima tulisan favorit redaksi edisi kali ini. Nantikan 15 karya yang terpilih bersama edisi yang lain di bulan November ini dalam bentuk ebook di koleksi.kolong.team. Dan untuk naskah favorit pilihan redaksi yang akan mendapatkan honor kepenulisan jatuh pada naskah Aku Tak Mengenalmu karya Wilya Pratiwi. Kepada penulis diharapkan segera mengirim nomor rekening tujuan melalui nomor 085231268898.

Demikian untuk minggu ini. Selamat bermitra bersama kolong.team. Jangan lupa upload naskah buku dan nikmati koleksi karya di koleksi.kolong.team.

Tim Redaksi