Pilihan Redaksi Edisi Pertama November

Imajinasi adalah harta manusia yang tak seorangpun mampu menyentuhnya, apalagi mengambilnya. Dalam proses berimajinasi, kita tidak terikat hukum berpikir atau konsep kebenaran apapun yang membatasi. Bahkan Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan kata Albert Einstein.

Meski berimajinasi tidak dibatasi oleh konsep tertentu, para penulis kontributor kolongkata.com tetap melakukan proses mental yang terarah pada imaji-imaji yang menjadi representatif dari persoalan yang mereka bayangkan. Sartre menyebutnya sebagai ‘imajinasi kreatif’, yaitu menciptakan objek dalam ketiadaannya.

Karya imajiner dari Suar dengan judul naskah Kekasih Penjahat menjadi pilihan favorit pertama redaksi. Naskah ini mencoba menelusuri sisi melankolis dari seorang tokoh penjahat. Suar menggambarkan seorang tokoh wanita yang melakukan kejahatan secara konvensional kemudian tetiba berubah menjadi “sadar”, walaupun ternyata melakukan ‘kejahatan’ lain yaitu melukai hati kekasihnya. Penjahat tetaplah penjahat, tandasnya.

Favorit kedua, redaksi menjatuhkan pilihan pada naskah Bergelut karya Ayatullah Patullah. Puisi singkat yang begitu menggelitik. Ayatullah berhasil mengisi ruang kosong sebuah cinta yang diperjuangkan ternyata masih ada kemungkinanan kesia-siaan yang disembunyikannya.

Selanjutnya redaksi memilih naskah M. Ahsan Agussalim dengan judul UNESCO, Jangan Horor Dong!. Naskah ini seolah mengingatkan kita bahwa persoalan persentase minat baca yang dipaparkan oleh UNESCO atau lembaga lain perlu dicurigai. Jangan sampai angka-angka tersebut menghegemoni spirit literasi bangsa.

Terakhir ada naskah Merindukanmu karya Lilis Puji Astuti dan Sampaikan Salamku, Bulan Putih karya Nur Mustaina. Keduanya berkisah tentang ratapan kerinduan seorang anak kepada orangtuanya.

Demikian lima tulisan favorit redaksi edisi kali ini. Nantikan 15 karya yang terpilih bersama edisi yang lain di bulan November ini dalam bentuk ebook di koleksi.kolong.team. Dan untuk naskah favorit pilihan redaksi yang akan mendapatkan honor kepenulisan jatuh pada naskah Kekasih Penjahat karya Suar. Kepada penulis diharapkan segera mengirim nomor rekening tujuan melalui nomor 085231268898.

Demikian untuk minggu ini. Selamat bermitra bersama kolong.team. Jangan lupa upload naskah buku dan nikmati koleksi karya di koleksi.kolong.team.

Tim Redaksi