Pilihan Redaksi Edisi Kelima Oktober

Scripta Manent, Verba Volant. Tulisan akan abadi, kata-kata akan sirna, begitulah pepatah latin yang kerap didengungkan oleh para aktivis literasi. Terbukti, naskah-naskah tulisan teman-teman akan abadi, tak lekang ditelan angin, kata Pramoedya Ananta Toer.

Menulis memang sebuah pekerjaan yang tak mudah, produktivitas dalam menulis adalah hal yang langka. Tapi kita semua dapat membuktikan bahwa kita bisa menghadirkan gagasan-gagasan dalam tulisan. Hadirnya penulis beserta gagasannya telah menambah khazanah dan dinamika keilmuan dalam kolongkata.com.

Tiba saatnya, kami tim redaksi memilih gagasan-gagasan yang favorit tersebut, meski berulang kali kami tekankan bahwa yang tidak terpilih bukan berarti tidak mempunyai gagasan. Semuanya memiliki dinamikanya masing-masing dan karakter naskahnya masing-masing.

Naskah pilihan terfavorit edisi kali ini jatuh pada karya Ayu Andira dengan judul naskah Pezinah di Balik Hijab. Ayu Andira dalam naskahnya mencoba memberikan kritik dengan cara mendekonstruksi cara pandang kita terhadap wacana hijaber. Segala kemungkinan penyimpangan seksual dalam agama, yang menurut Ayu, tetap melekat pada setiap individu dari kaum hawa, baik itu berhijab atau tidak.

Pilihan kedua jatuh pada naskah Islam dan Toleransi karya Andi Fiqri. Naskah ini seolah mengingatkan kita tentang pentingnya toleransi di tengah kemelut bangsa yang masih hangat diperbincangkan soal tendensi SARA. Andi Fiqri mengajak kita mengenang kembali kisah-kisah toleransi Nabi Muhammad saw terhadap kaum nonmuslim untuk dijadikan pedoman.

Selanjutnya redaksi memilih naskah Aware Terhadap Isu Kesehatan Mental karya Muhammad Rizky sebagai favorit ketiga. Naskah ini mengungkapkan bahwa betapa dimarjinalkannya isu kesehatan mental di Indonesia. Sejumlah data dipaparkan Rizky menggelitik kita untuk kembali merenung.

Sementara naskah keempat, Akal dari Rasa Cinta karya Rielveca, yang mengisahkan harapan akan pernikahan atas nama cinta berujung pada kebahagiaan dalam waktu yang panjang. Dan yang terakhir dari Latries dengan Karya Cinta Dari Timur yang Berdarah. Tragedi kemanusiaan yang diangkat adalah tugas keindonesiaan.

Demikian lima tulisan favorit redaksi edisi kali ini. Nantikan 15 karya yang terpilih bersama edisi yang lain di bulan Oktober ini dalam bentuk ebook di koleksi.kolong.team. Dan untuk naskah favorit pilihan redaksi yang akan mendapatkan honor kepenulisan jatuh pada naskah Ayu Andira dengan judul naskah Pezinah di Balik Hijab. Kepada penulis diharapkan segera mengirim nomor rekening tujuan melalui nomor 085231268898.

Demikian untuk minggu ini. Selamat bermitra bersama kolong.team. Jangan lupa upload naskah buku dan nikmati koleksi karya di koleksi.kolong.team.