Pilihan Redaksi Edisi Keempat Oktober

Roda kehidupan terus berputar. Dinamika kepenulisan menujukkan bahwa alam senantiasa melakukan tugasnya menyeleksi jiwa-jiwa yang merindukan tarian pena. Kolongkata.com telah membuktikan pepatah bahwa tiap masa ada orangnya, dan tiap orang ada masanya. Tim redaksi pun terus berproses dalam gerak sunyi menentukan pilihan tulisan favorit.

Naskah Sunyi Di Sini karya Rika Rukmana menjadi tulisan terfavorit redaksi pada edis minggu ini. Naskah berbentuk puisi ini singkat dan menggelitik menurut redaksi. Petentangan diksi yang menampilkan sebuah visual imaji tentang dua ruang kontras yang saling terikat dengan kata “di sebelah. Kemudian di titik jemu, secara pragmatis penulis menyiratkan sikap yang diambil oleh kebanyakan orang dalam sebuah pertentangan yaitu menghindarinya, dilihat pada kutipan ssst..

Pilihan kedua favorit jatuh pada naskah Ondel-ondel Kehilangan Esensi karya Zaenal Fikri. Naskah ini mengangkat persoalan pelestarian ondel-ondel di Jakarta yang mereduksi nilai budaya yang melekat padanya. Kritik disampaikan oleh Zaenal yang prihatin melihat adanya ondel-ondel yang ‘ngamen’ di jalanan, seolah tidak menghargai histori lahirnya ondel-ondel. Pemeran harusnya menempuh langkah-langkah lain selain ‘ngamen’ untuk melestarikan tradisi leluhur tersebut.

Kesadaran diri tentang sebuah proses bahwa setiap yang datang pasti akan pergi digambarkan oleh Miftahul Hidayat dalam naskahnya dengan judul Keniscayaan yang kemudian menjadi pilihan favorit redaksi yang ketiga. Tokoh aku dalam puisi tersebut seolah menjelaskan persoalan rasa yang tak semestinya berlebihan, termasuk soal rindu, sebab siklus datang dan pergi adalah suatu yang pasti.

Selanjutnya ada naskah Hoax karya Indriani Aurora yang menukil tentang kurangnya pemahaman pembaca dalam menanggapi sebuah informasi terutama di media sosial. Indriani dalam tulisannya mengajak kita lebih cerdas dalam menyaring informasi atau berita palsu dengan cara ikut bergabung dalam salah satu komunitas atau organisasi sosial yang fokus memerangi berita hoax. Kemudian terakhir adalah naskah resensi sebuah kumpulan cerpen dan naskah drama berjudul Resolusi yang Usang. Naskah ini kemudian menjadi warna baru di kolongkata.com.

Demikian lima tulisan favorit redaksi edisi kali ini. Nantikan 15 karya yang terpilih bersama edisi yang lain di bulan Oktober ini dalam bentuk ebook di koleksi.kolong.team. Dan untuk naskah favorit pilihan redaksi yang akan mendapatkan honor kepenulisan jatuh pada naskah Sunyi Di Sini karya Rika Rukmana Rahmat. Kepada penulis diharapkan segera mengirim nomor rekening tujuan melalui nomor 085231268898.

Demikian untuk minggu ini. Selamat bermitra bersama kolong.team. Jangan lupa upload naskah buku dan nikmati koleksi karya di koleksi.kolong.team.

Tim Redaksi