Cegah Defisit APBN

Ekonom Institute for Development of Economic and Finance (Indef), Imaduddin Abdullah, menuturkan bahwa setidaknya ada tiga faktor yang patut diperhatikan pemerintah dalam mencari pembiayaan atas defisit APBN. Ketiga faktor tersebut yaitu dampak pengganda, risiko pembiayaan, dan biaya keekonomian (25/8).

Sementara, menurut Umer Chapra, dalam bukunya Islam and the Economic Challenge (1992), di negara-negara kapitalis (termasuk di Dunia Islam) terdapat empat faktor umum yang menyebabkan defisit anggaran yaitu: belanja pertahanan yang tinggi; subsidi yang besar; belanja sektor publik (seperti belanja birokrat) yang besar dan tak efisien; korupsi dan pengeluaran yang boros (Monzer Kahf, 1994).

Sehingga, hal ini memicu adanya lonjakan utang dari investor asing yang menyebabkan dampak buruk dari berbagai sektor perekonomian yang mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat. Padahal, Islam sendiri telah mengatur bagaimana cara menanggulangi defisit anggaran tanpa terlibat utang berujung riba. Yaitu, pertama meningkatkan pendapatan. Kedua, menghemat pengeluaran. Ketiga, berutang (istiqradh) tanpa melaui lembaga Bank Dunia maupun IMF.

Kendari, 26 Agustus 2019