Redupnya Jiwa “RAKUS” dalam Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu cara bagi generasi muda untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa. Sehingga suatu kewajiban bagi orang tua untuk menyekolahkan anaknya, meskipun masih banyak orang tua yang belum mampu menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi.

Perkembangan teknologi modern di  era industri 4.0 sangat membantu pelajar khususnya “mahasiswa”. Namun metode belajar pun beralih yang dulu membaca dan menulis, kini melihat dan mendengerkan melalui sarana sarana elektronik. Misalya youtube, instagram dan lain sebagainya.

Impasnya terjadi penurunan sikap rakus (rasional, analisis, kritis, universal, dan sistematis) terhadap pelajar khusnya mahasiswa.

Redupnya semangat kajian yang membuat kita berdialektika dengan forum kajian mengakibatkan pendidikan hari ini tidak dipertaruhkan sebab metode belajar melihat mendengarkan tersebut.

Harapan penulis kali ini untuk pelajar khususnya mahasiswa marilah terbentur, terbentur kemudian terbentuk sebab, “Hidup yang tidak pernah dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan”  kata Sultan Syahrir.