Pilihan Redaksi Edisi Ketiga Agustus

Salam literasi.

Merdeka…

Perhelatan perayaan HUT Republik Indonesia yangke 74 baru saja berlalu. Hingar bingar riuh setiap jalan di tengah pun di sudut kota masih terasa. Euforia para penulis-penulis muda juga tidak kalah riuhnya dalam berbagai perspektif memandang “Merdeka” dan konteks yang melekat dengannya.

Edisi ketiga Agustus kali ini lebih banyak naskah yang mengangkat tema kemerdekaan dan naskah terfavorit jatuh pada Kisah Kita dan Paradundungan karya Nurul Luthfiah. Naskah ini mengangkat problematika akar rumput yang kerap merayakan kemerdekaan sebagai formalitas dengan menancapkan umbul-umbul. Mengingatkan kita, bahwa kemerdekaan bukan hanya kemewaan dan kisruh kebangsaan yang tak kunjung selesai, namun akar rumput yang tak tahu apa-apa, melihat kemerdekaan hanya sebatas umbul umbul.

Kedua, Merdeka dari Imaji laut yang mendua. Mengulas kebijakan maritim pemerintah yang mendua. Asratillah melalui naskah ini menyinggung “ketakutan” mengelola laut oleh pemegang kuasa dan betapa ukuran kegagahan orang Melayu dan Bugis adalah pengalaman seseorang menjelajah laut. Penulis mengajak pelaku yang bersentuhan dengan laut tidak sekadar mengerti tentang teknis dan ilmu kelautan, tapi juga mengerti tentang literasi agar pengalaman mereka dalam mengelola dan bersentuhan dengan laut bisa diangkat dalam narasi populer

Ketiga, Tak Ada Pink di Atas Ungu. Serial romantik anak muda yang menggunakan diksi mudah dicerna. Kisah seorang wanita yang pernah percaya cinta namun akhirnya kecewa. Kekecewaan yang begitu dalam hingga akhirnya dia sulit membangun kembali rasa itu sampai bertemu dengan cinta keduanya. Permainan warna yang simbolik seolah menyampaikan pesan tertentu pada pembacanya.

Keempat, Merdeka yang Berkembang mengajak kita untuk berpikir ulang arti kemerdekaan, dan rekonstruksi cara berpikir kita untuk membangun bangsa. Dan terakhir ada Manisfestasi Kopi dalam Kemerdekaan dengan keberaniannya mengkritik dan meluruskan kesalahan berpikir berbangsa dan bernegara.

Itulah lima tulisan favorit readaksi edisi kali ini yang nantinya diharapkan terpilih dalam 15 karya yang terpilih bersama dua edisi sebelumnya dan satu edisi berikutnya di bulan Agustus ini.
Dan untuk naskah favorit pilihan redaksi yang akan mendapatkan honor kepenulisan jatuh pada naskah Kisah Kita dan Paradundungan karya Nurul Luthfiah. Kepada penulis diharapkan segera mengirim nomor rekening tujuan melalui nomor 085231268898.

Demikian untuk minggu ini. Selamat bermitra bersama kolong.team. Jangan lupa upload naskah buku dan nikmati koleksi di koleksi.kolong.team.

Tim Redaksi