Pilihan Redaksi Edisi Kedua Agustus

Kreativitas Tanpa Batas

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar

Salam Literasi.

Sebelumnya, kami ucapkan selamat hari raya Idul Adha 1440 Hijriah. Semoga pengorbanan kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Semoga saja, karena adanya keterlambatan pengumuman naskah favorit ini, bukan menjadi hambatan kita semua dalam berkreativitas. Juga, keterlambatan ini berkaikatan dengan ketidak inginan kru kolongkata.com, mengganggu kekhusyukan menikmati sajian Idul Qurban. Semoga ibadah dan kreativitas menjadi tak terbatas untuk kita semua.

Meskipun jumlah pengirim naskah yang masih minim, kru kolongkata.com tetap akan menetapkan tulisan favorit minggu kedua bulan Agustus ini, sebagai komitmen bahwa karya apapun itu berhak mendapatkan apresiasi yang layak.

Beruntung, Panjidgnakku mengawali pekan kedua ini dengan karyanya berjudul Negeri Canda, mengkritik tentang kekhawatiran adanya pergolakan ideologi, serta berbagai upaya mengkerdilkan literasi yang terjadi akhir-akhir ini. Naskah yang menurut redaksi adalah polemik kekinian yang mendera bangsa kita ini, yang sebagian besar dipenuhi argumen silang pendapat di tengah masyarakat.

Menyusul naskah Abdul Gafur Ibrahim dengan judul Rekonsiliasi, Kompromi Mematikan Oposisi, juga menukil sejarah bangsa ini yang berujung pada esensi demokrasi dan pentingnya oposisi yang semakin kabur dalam berdemokrasi, seiring lahirnya istilah rekonsiliasi.

Lalu tiga tulisan teranyar masing-masing menuangkan imajinasi, apresiasi dan kegelisahan terhadap kondisi tanah air jelang 17 Agustus 2019. Masing-masing Indah Sukma Rita dalam karya Selamat Ulang Tahun Indonesia, Hamsina Halisi Alfatih dalam karya Hakikat Sebuah Kemerdekaan, dan Salman dengan karya Agama, Politik atau Merdeka. Kesemuanya tulisan ini menjadi tulisa favorit redaksi pekan kedua ini.

Tulisan-tulisan favotit ini diharapkan dapat menjadi 15 tulisan yang terpilih dalam buku digital bulan Agustus bersama dengan tulisan pekan sebelumnya, dan dua yang akan datang.

Oh iya, untuk naskah favorit pilihan redaksi yang akan mendapatkan honor kepenulisan jatuh pada naskah Negeri Canda karya Panjidgnakku. Kepada penulis diharapkan segera mengirim nomor rekening tujuan melalui nomor 085231268898.

Demikian untuk minggu ini. Selamat bermitra bersama kolong.team. Jangan lupa upload naskah buku dan nikmati koleksi di koleksi.kolong.team.

Tim Redaksi